Posted by : Unknown Sabtu, 15 November 2014

Peranan Ganggang (Algae) bagi Kehidupan Manusia












Ganggang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat ganggang bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut.

a.     Ganggang hijau merupakan sumber fitoplanton yang digunakansebagai pakan ikan dan hewan air lainnya. Dapat dikatakan bahwapada ekosistem perairan, ganggang hijaulah yang merupakanprodusen bagi hewan-hewan air lainnya.

b.     Ganggang cokelat (Macrocrytis pyrifera) mengandung yodium yangmengandung Na, P, N, dan Ca yang dapat dimanfaatkan sebagai
suplemen untuk hewan ternak. Selain itu, ganggang cokelat yang
mengandung asam alginat dapat dimanfaatkan sebagai pengentalproduk makanan, industri, dan alat-alat kecantikan (Laminaria,MacrocystisAscophylum, dan Fucus).

c.     Ganggang merah dapat dimanfaatkan untuk makanan suplemenkesehatan (Porphyra), sumber makanan (Rhodymenia palmata),pembuatan agar (Gellidium), dan penghasil karagenan (pengentales krim).

d.     Dinding sel diatom mengandung zat kersik sehingga ganggangkeemasan sering disebut juga ganggang kersik. Zat kersik ini sangatberguna bagi industri, seperti bahan penggosok, penyaring, industrikaca, dan bahan isolasi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

HeartMusic

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © auf der ganzen Welt -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -